Ekspresi VEGF dan p53 Mutan pada Derajat Diferensiasi Adeno-karsinoma Kolorektal

Main Article Content

Artika Uthary
Troef Soemarno

Abstract

Latar belakang

Adenokarsinoma kolorektal merupakan karsinoma kolorektal yang paling sering. Angiogenesis merupakan persyaratan penting untuk perkembangan, pengembangan dan metastasis tumor ganas. VEGF memainkan peranan penting dalam pengembangan angiogenesis pada beberapa keganasan termasuk adenokarsinoma kolorektal. Tumor supressor gen p53 adalah regulator transkripsi yang ampuh dari gen yang terlibat dalam aktivitas seluler, termasuk cell cycle arrest, apoptosis dan angiogenesis. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan ekspresi VEGF dan p53 pada adenokarsinoma kolorektal derajat diferensiasi tinggi, sedang dan rendah.

Metode

Rancangan penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Sampel dibagi dalam 11 derajat diferensiasi tinggi, 7 sedang dan 11 rendah yang telah didiagnosis di Rumah Sakit Dr Soetomo Surabaya periode 2011-2013. Sampel dilakukan pulasan imunohistokimia dengan antibodi monoklonal p53 dan poliklonal VEGF serta dinilai secara semikuantitatif. Perbedaan ekspresi VEGF dan p53 pada adenokarsinoma kolorektal derajat diferensiasi tinggi, sedang dan rendah dianalisa menggunakan Kruskal-Wallis. Hubungan antara ekspresi VEGF dan p53 dianalisa menggunakan Spearman.

Hasil

Didapatkan perbedaan ekspresi VEGF yang signifikan pada adenokarsinoma kolorektal derajat diferensiasi tinggi, sedang dan rendah (p<0,05). Didapatkan perbedaan ekspresi p53 yang significan pada adenokarsinoma kolorektal derajat diferensiasi tinggi, sedang dan rendah (p<0,05). Didapatkan hubungan yang significan antara VEGF dan p53 (p<0,05)

Kesimpulan

Didapatkan hubungan antara VEGF dan p53 pada adenokarsinoma kolorektal

Kata kunci: adenokarsinoma kolorektal, p53, VEGF.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles