Ekspresi p53 Mutant dan EGFR pada Benign, Borderline, dan Malignant Phyllodes Tumor

Main Article Content

Dian Y. Lestari
Endang Joewarini

Abstract

Latar belakang

Tumor phyllodes pada payudara termasuk neoplasma stromal-epitelial yang jarang ditemui, yang secara histologis dapat dibedakan menjadi benign, borderline, dan malignant. Sampai saat ini patogenesis terjadinya tumor phyllodes masih belum jelas. Epidermal growth factor receptor (EGFR) merupakan salah satu reseptor sel di permukaan yang sampai sekarang diyakini memiliki peran dalam proses patogenesis dan progresifitas dari suatu keganasan. Mutasi dari gena P53 (tumor suppressor gene) umum terjadi pada berbagai macam keganasan, salah satunya pada kanker payudara. Tujuan penelitian ini untuk memahami hubungan ekspresi p53 dan EGFR pada benign, borderline dan malignant phyllodes tumor

Metode

Rancangan penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Sampel dibagi dalam; 10 benign, 5 borderline dan 7 malignant phyllodes tumor yang telah didiagnosis di Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya periode 2009-2012. Pada sampel dilakukan pulasan immunohistokimia dengan antibodi monoklonal p53 dan EGFR serta dinilai menggunakan metode semikuantitatif. Perbedaan ekspresi p53 dan EGFR pada benign, borderline dan malignant phyllodes tumor dianalisis menggunakan Kruskal-Wallis. Hubungan antara ekspresi p53 dan EGFR pada tumor phyllodes dianalisa menggunakan Spearman.

Hasil

Didapatkan perbedaan ekspresi EGFR yang signifikan pada benign, borderline, dan malignant phyllodes tumor (p=0,022, p<0,05). Didapatkan perbedaan ekspresi p53 yang signifikan pada benign, borderline dan malignant phyllodes tumor (p=0,003, p<0,05). Tidak didapatkan hubungan yang signifikan antara p53 dan EGFR pada tumor phyllodes (r=0,361, p=0,099, p>0,05).

Kesimpulan

Terdapat perbedaan ekspresi p53 dan EGFR yang signifikan pada benign, borderline, dan malignant phyllodes tumor. Tidak didapatkan hubungan antara EGFR dan p53 pada tumor phyllodes.

Key word: EGFR, p53 mutant, tumor phyllodes,

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles