Ekspresi Mucin-6 (MUC6) pada Serrated Adenoma dan Adenoma Konvensional Displasia Keras sebagai Lesi Prekursor Kanker Kolorektal

Main Article Content

Pillipus Resar Andreano
Diah Rini Handjari
Benyamin Makes

Abstract

Latar belakang

Serrated adenomamerupakan lesi prekursor karsinoma kolorektal yang melalui jalur serrated pathways, dapat berkembang menjadi karsinoma kolorektal dalam waktu lebih singkat dibandingkan dengan adenoma konven-sional. Dalam perkembangannya diketahui adanya petandayang digunakan untuk lesi prekursor tersebut yaitu musin. Musin dapat mengalami perubahan molekular dalam proses diferensiasi, proliferasi dan invasi sel tumor ganas. Salah satu mucin yang berperan dalam proses karsinogenesiskarsinoma kolorektal adalah mucin-6(MUC6) aberan. Tujuanpenelitian ini untuk mengetahui perbedaan ekspresi mucin-6(MUC6) aberandi sito-plasma sel epitel mukosa kolorektal pada serrated adenoma (SA) dan adenoma konvensional displasia keras.

Metode

Penelitian retrospektif dengan studi analitik potong lintang, kasusserrated adenoma(SA) dan adenoma konvensional displasia keras, masing-masing 20 kasus.Dilakukanpemeriksaan immunohistokimia (IHK) padasemua kasus, dengan menggunakan antibodi primer mucin-6(MUC6)aberan.

Hasil

Kasus serrated adenoma(SA) yang menunjukkan ekspresi mucin-6(MUC6) aberan yang terdiri atas ekspresi lemah 4 kasus, sedang 9 kasus, dan kuat 4 kasus, dan juga terdapat 3 kasus yang tidak mengekspresikan mucin-6(MUC6) aberan. Sedangkan pada kasus adenoma konvensional displasia keras yang menunjukkan ekspresi mucin-6(MUC6) aberan terdiri atas ekspresi lemah 12 kasus, sedang 3 kasus, dan kuat 2 kasus dan juga terdapat 3 kasus yang tidak mengekspresikan mucin-6(MUC6) aberan, dan dilakukan ujistatistik chi-squaredengan nilai p=0,005.

Kesimpulan

Ekspresi mucin-6(MUC6) aberan pada serrated adenoma(SA)berbeda signifikan dibandingkan pada adenoma konvensionaldisplasia keras.

Kata kunci:adenoma carcinomasequence,adenoma konvensional displasia keras, mucin-6,serrated adenoma.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles