Perbedaan Ekspresi E-cadherin dan MMP-9 pada Adeno-karsinoma Prostat Bermetastasis dan Non Metastasis ke Tulang

Main Article Content

Aniek Meidy Utami
Sjahjenny Mustokoweni
Anny Setijo Rahaju

Abstract

Latar belakang
Kanker prostat merupakan keganasan yang paling banyak dijumpai pada laki-laki di Amerika Serikat, dengan jumlah sekitar 29% dari semua kanker dan menjadi penyebab 10% kematian di populasi 15% di antaranya sudah memiliki metastasis saat diagnosis. E-cadherin berperan penting dalam adhesi antar sel epitel dan mekanisme arsitekstur jaringan sedangkan MMP-9 berperan dalam menciptakan lintasan untuk migrasi sel tumor. E-cadherin dan MMP-9 diduga sebagai molekul utama yang berperan dalam proses invasi dan metastasis. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan adanya peran E-cadherin dan MMP-9 dalam proses metastasis tulang pada adenokarsinoma prostat.

Metode
Penelitian ini menggunakan desain potong lintang terhadap sediaan adenokarsinoma prostat berasal dari prostatektomi radikal dan prostatektomi transurethral di RSUD Dr. Soetomo Surabaya periode Januari 2009-Mei 2012. Kemudian dicari data bone scan untuk melihat metastasis ke tulang. Dari data tersebut dilakukan review pemeriksaan histopatologik dan imunohistokimia dengan antibodi E-cadherin dan MMP-9. Perbedaan ekspresi E-cadherin dan MMP-9 kejadian metastasis tulang dianalisis dengan uji Mann-Whittney, sedangkan hubungan antara keduanya diuji dengan Spearman.

Hasil
Hasil penelitian tidak menunjukkan adanya perbedaan ekspresi E-cadherin (p>0,05), menunjukkan perbedaan yang bermakna ekspresi MMP-9 pada adenokarsinoma prostat non metastasis dengan yang mengalami metastasis(p<0,05). Ekspresi E-cadherin dan MMP-9 adenokarsinoma prostat tidak berhubungan dengan kemampuan metastasis ke tulang (p=0,637).

Kesimpulan
Terdapat perbedaan ekspresi MMP-9 antara non metatstasis dan metastatsis pada adenokarsinoma prostat sedangkan pada ekspresi E-chaderin tidak terdapat perbedaan. Serta tidak terdapat hubungan antara ekspresi E-cadherin dan MMP-9 dengan kejadian metastasis tulang pada adenokarsinoma prostat.

Kata kunci: adenokarsinoma prostat, E-cadherin, metastasis tulang, MMP-9.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles