Deteksi High Risk Human Papilloma Virus pada Jaringan Adenoma dan Adenokarsinoma Kolorektal di FKUI/RSCM

  • Wiwiek Ernajanti Departemen Patologi Anatomik, Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia Jakarta
  • Diah Rini Handjari Departemen Patologi Anatomik, Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia Jakarta
  • Kusmardi Kusmardi Departemen Patologi Anatomik, Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia Jakarta
  • Yusra Yusra Departemen Patologi Klinik, Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia Jakarta
Keywords: adenokarsinoma, adenoma, HPV, kolorektal, PCR.

Abstract

Latar belakang
Karsinoma kolorektal merupakan tumor ganas ketiga di dunia. Sembilan puluh lima persen karsinoma kolorektal merupakan adenokarsinoma yang berasal dari lesi prekursor adenoma. Dilaporkan 15%-20% karsinoma terkait dengan infeksi virus. Virus yang diduga berhubungan dengan karsinoma kolorektal adalah human papilloma virus (HPV) dan tipe tersering adalah 16 dan 18. Hubungan antara HPV dan karsinoma kolorektal masih menjadi perdebatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prevalensi infeksi HPV pada adenoma dan adenokarsinoma kolorektal di Departemen Patologi Anatomik FKUI/RSCM Jakarta dengan menggunakan teknik polymerase chain reaction (PCR).
Metode
Pemeriksaaan DNA HPV pada 33 kasus adenoma dan 33 kasus adenokarsinoma kolorektal dengan teknik nested PCR MY/GP dan elektroforesis. Pada kasus dengan hasil HPV positif, dilanjutkan PCR menggunakan primer spesifik HPV 16 dan HPV 18. Subjek penelitian berasal dari Departemen Patologi Anatomik FKUI/RSCM.
Hasil
Satu dari 33 kasus (3,0%) adenoma dan 3 dari 33 kasus (9,1%) adenokarsinoma positif infeksi HPV. Satu kasus adenoma positif HPV bukan merupakan tipe 16 dan 18. Satu kasus adenokarsinoma dengan positif HPV merupakan tipe 16, 2 kasus merupakan gabungan tipe 16 dan 18.
Kesimpulan
Prevalensi infeksi HPV pada adenokarsinoma lebih tinggi dibandingkan adenoma kolorektal. Tipe HPV pada kasus adenokarsinoma kolorektal merupakan tipe 16 dan 18.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-04
Section
Articles