Hubungan Derajat Diferensiasi dan Tingkat Kedalaman Invasi Tumor terhadap Densitas Sel Limfosit T CD3+ dan Limfosit B CD20+ pada Adenokarsinoma Kolorektal

  • Novitasari Novitasari Departemen Patologi Anatomik, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana Denpasar
  • Ketut Mulyadi
  • Luh Putu Iin Indrayani Maker
Keywords: derajat diferensiasi, sel limfosit B CD20 , sel limfosit T CD3 , tingkat kedalaman invasi tumor.

Abstract

Latar belakang
Pemahaman mengenai lingkungan mikro lokal tumor sebagai salah satu faktor prognosis dan prediktif masih perlu ditingkatkan. Salah satunya adalah respon imun adaptif in situ (intratumoral dan peritumoral). Infiltrat sel-sel imun bersifat sangat heterogen antar tipe tumor dan antar pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur densitas sel limfosit T CD3+ dan limfosit B CD20+ intratumoral dan peritumoral pada berbagai kelompok derajat diferensiasi dan tingkat kedalaman invasi tumor sebagai bukti adanya respon imun adaptif in situ pada karsinoma kolorektal (KKR).
Metode
Penelitian ini menggunakan metode analitik potong lintang dengan sampel sebesar 46 kasusyang kemudian dilakukan pulasan imunohistokimia CD3 dan CD20. Perbedaan ekspresi pada masing-masing kelompok dianalisis dengan uji One Way Anova dan Kruskal-Wallis, sedangkan hubunganantara variabel bebas dan tergantung dinilai dengan uji multipel regresi linear dengantingkat kemaknaan (α)=0,05.
Hasil
Hasil uji statistikmemperlihatkan perbedaan bermakna densitas sel limfosit T CD3+ intratumoral antar kelompok derajat diferensiasi (p=0,000) dan tingkat kedalaman invasi tumor (p=0,042); densitas sel limfosit B CD20+ intratumoral dengan tingkat kedalaman invasi tumor (p=0,029); dan densitas sel limfosit B CD20+ peritumoral dengan derajat diferensiasi (p=0,021) dan tingkat kedalaman invasi tumor (p=0,000). Pada uji multipel regresi linear, didapatkan hubungan yang bermakna antara derajat diferensiasi terhadap densitas sel limfosit T CD3+ intratumoral (p=0,000) dan tingkat kedalaman invasi tumor terhadap sel limfosit B CD20+ peritumoral (p=0,000).
Kesimpulan
Terdapathubungan antara derajat diferensiasi dan tingkat kedalaman invasi tumor dengan densitas sel limfosit T CD3+ intratumoral dan limfosit B CD20+ peritumoral pada adeno-karsinoma kolorektal sebagai bukti adanya respon imun adaptif pada keganasan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-04
Section
Articles