Perbedaan Ekspresi Ki-67 antara Tumor Epitelial Borderline dengan Tumor Ganas Tipe Musinosa Ovarium

  • Tuti Lismayarni
  • R zuryati Nizar
  • Aswiyanti Asri
Keywords: Kata kunci : Ki-67, tumor epitelial musinosa ovarium borderline, tumor epitelial musinosa ovarium ganas.

Abstract

Latar belakang
Kanker ovarium adalah kanker keenam yang paling sering diderita oleh wanita di seluruh dunia dan yang paling mematikan dari semua jenis kanker ginekologi. Di antara jenis tumor ovarium, yang paling sering ditemukan adalah tumor epitelial permukaan ovarium, yaitu sekitar 85-90% dari keganasan ovarium, salah satu jenisnya adalah tipe musinosa. Tumor epitelial ovarium menunjukkan heterogenitas histologik yang besar dan dapat dibagi lagi menjadi tumor jinak, borderline dan invasif (ganas). Tumor epitelial ganas tipe musinosa ovarium dibedakan dengan tumor borderline berdasarkan adanya invasi sel tumor ke stroma tetapi terkadang sulit membedakannya secara histopatologi. Berdasarkan patogenesis, aktivitas proliferasi sel pada tumor epitelial ovarium ganas akan lebih tinggi dibanding borderline. Ki-67 adalah petanda yang dapat digunakan untuk menilai proliferasi sel pada tumor borderline dan ganas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan ekspresi Ki-67 antara tumor epitelial borderline dengan tumor ganas tipe musinosa ovarium.
Metode
Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional study. Empat puluh dua kasus tumor epitelial borderline dan tumor ganas tipe musinosa dievaluasi ulang untuk menentukan klasifikasi tumor, kemudian dilakukan pemeriksaan imunohistokimia menggunakan antibodi anti Ki-67. Penilaian ekspresi Ki-67 (indeks proliferasi Ki-67) dilakukan dengan menghitung jumlah inti sel yang terwarnai coklat dalam 1000 sel tumor. Perbedaan ekpresi Ki-67 antara kedua kelompok diuji dengan t-test.
Hasil
Ekspresi Ki-67 pada tumor epitelial musinosa ovarium borderline berkisar antara 2,5%-49,2%, dengan rata-rata 13,088%. Ekspresi Ki-67 pada tumor epitelial musinosa ovarium ganas 15,3%-63,4%, dengan rata-rata 34,268%. Terdapat perbedaan yang bermakna antara ekspresi Ki-67 pada tumor epitelial ovarium musinosa borderline dan ganas.
Kesimpulan
Dari hasil menunjukkan bahwa ada perbedaan bermakna antara ekspresi Ki-67 pada tumor epitelial ovarium musinosa borderline dan ganas, artinya Ki67 bisa membantu penentuan diagnosis dan prognosis tumor ganas ovarium bila digabungkan dengan stadium FIGO dan grading mikroskopik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-04
Section
Articles