Analisa Ekspresi E-cadherin dan MMP-2 pada Karsinoma Sel Skuamosa Laring

  • Tuti Andayani
  • Etty Hary Kusumastuti
  • Anny Setijo Rahaju
Keywords: E-cadherin, karsinoma sel skuamosa laring, MMP-2.

Abstract

Latar belakang
Karsinoma laring merupakan keganasan kedua terbanyak pada kepala dan leher dan lebih dari 90% berupa karsinoma sel skuamosa (KSS). Penanganan kanker laring berkaitan dengan diagnostik dan terapi, terutama ketika penyakit ini terdiagnosis pada stadium lanjut dengan keterlibatan kelenjar getah bening (KGB). Metastasis KSS pada KGB melibatkan beberapa protein yang berperan dalam adhesi sel seperti E-cadherin dan matrix metalloproteinase2 (MMP-2). Pada penelitian ini dilakukan analisis ekspresi E-cadherin dan MMP-2 pada KSS laring untuk menilai peran kedua protein tersebut dalam proses metastasis ke KGB leher.
Metode
Penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah blok parafin KSS laring di Departemen Patologi Anatomik RSUD Dr. Soetomo Surabaya selama Januari 2013-Desember 2014. Tiga puluh sampel terdiri atas dua kelompok, yaitu metastasis KGB dan non metastasis KGB dan dilakukan pemeriksaan imunohistokimia dengan antibodi E-cadherin dan MMP-2. Ekspresi E-cadherin dan MMP-2 dinilai secara semi kuantitatif dan dianalisis dengan tes Mann-Whitney, sedangkan korelasi antara ekspresi E-cadherin dan MMP-2 dengan tes Spearman.
Hasil
Tidak terdapat korelasi yang signifikan antara ekspresi E-cadherin dan MMP-2 pada KSS laring. Tidak terdapat perbedaan ekspresi E-cadherin dan MMP-2 yang signifikan antara KSS laring metastasis dan non metastasis ke KGB leher.
Kesimpulan
Ekspresi E-cadherin dan MMP-2 tidak berbeda bermakna karsinoma sel akuamosa laring tanpa dan metastasis ke KGB leher. Tidak terdapat korelasi ekspresi E-cadherin dan MMP-2 pada kejadian metastasis KGB leher pada KSS laring.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-10
Section
Articles